Senin, 26 Desember 2011

Hubungan Petani Kakao dan Seniman Cokelat


Kakao adalah tanaman hutan daerah tropis yang kini bukan menjadi tumbuhan hutan tetapi menjadi tanaman komoditi yang bisa menghasilkan dolar. kakao juga merupakan tanaman yang bila dikelola dengan baik akan memberikan manfaat yang sangat besar karena hasilnya bisa menjanjikan dan terbukti
bisa menghasilkan nilai yang maksimal. itulah tanaman kakao yang ditanam oleh petani yang hanya tau kakao hanya sampai menjadi biji kakao yang siap dijual menjadi dollar.

Petani jarang bahkan ada yang tidak pernah pikirkan dari hasil usahanya itu bisa membuat orang bisa terkenal bahkan menjadi artist karena hasil usahanya itu. pernahkah petani berpikir dari kakao seperti ini :

menjadi hasil seni seperti ini :

dua hal sangat berbeda dari bentuk tetapi dari bahan yang sama.

dari kedua hal di atas bisa dikatakan petani tidak tahu hasil tanamannya bisa menjadi barang seni yang seindah ini. mungkin juga artist tidak tahu betapa susahnya untuk mendapatkan cokelat jika dilihat dari proses penanamannya. Itulah pemanfaatan dengan masing-masing mengambil keuntungannya. tetapi kedua  profesi diatas sesungguhnya saling membutuhkan, dengan adanya kakao maka seniman cokelat tetap mempunyai bahan mentah untuk berkarya. sedangkan bagi petani dengan adanya seniman, maka kakao hasil usahanya bisa bernilai lebih bagus lagi.







Tidak ada komentar: