Minggu, 18 Maret 2012

Tips Memperkuat Signal USB modem GSM/CDMA

Saat ini penggunaan internet sudah hampir menjadi kebutuhan dasar setiap orang dalam aktifitas kehidupannya. Mulai dari hanya sekedar update status di facebook, surfing bahkan mengerjakan bisnis online


kebutuhan akan internet tidak terlepas dari bagaimana seseorang mendapatkan koneksi internet. mulai dari ke warung komputer (warnet), menggunakan handpone ataupun menggunakan modem, agar bisa terkoneksi internet menggunakan komputer atau laptop sehingga lebih portable. Dengan koneksi yang portable, seseorang lebih praktis memilih tempat untuk koneksi menggunakan laptop baik itu dalam ruangan maupun di luar ruangan.


Penggunaan modem USB merupakan cara paling praktis dan paling banyak digunakan saat ini.
Dengan begitu banyaknya pilihanyan ditawarkan oleh produsen membuat kita bebas untuk memilih modem yang akan kita gunakan, dari yang bermerk terkenal yang harganya cenderung mahal sampai yang merk tak terkenal yang harganya relatif murah. kebanyakan orang membeli yang harganya murah, karena terjangkau oleh keuangan.


Saat kita menggunakan modem biasanya kita akan ditawarkan oleh pilihan layanan jaringan yang diberikan oleh provider telekomuikasi sebagai internet servis provider (ISP), mulai dari yang berupa signal GSM, EDGE/GPRS, HSPA/3G atau 3,5G. Saat kita koneksi kita berusaha untuk mendapatkan signal HSPA/3G bahkan yang lebih di atasnya. Tetapi terkadang itu bukan perkara mudah untuk mendapatkan signal yang lumayan bagus atau kuat, khususnya signal yang 3G,
apalagi kalau kita hanya tinggal dipinggiran kota yang hanya mendapatkan signal imbas dari pusat kota.


Kuat signal dan jenis signal yang diterima merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan koneksi yang cepat dan stabil. semakin kuat signal maka semakin bagus koneksi internetnya. Untuk mendapatkan signal yang kuat dan stabil kita dapat melakukan dengan beberapa cara antara lain, berada ditempat yang lebih tinggi dan terbuka, menggunakan USB cable extention, atau bisa memodifikasi sedikit antena buatan.


Pada artikel kali ini, penulis ingin memberikan contoh modifikasi antena untuk modem USB dan hasil yang diperoleh. percobaan ini merupakan hasil percobaan yang penulis lakukan. 


berikut adalah langkah-langkahnya....


Gambar 1. Model Antena kaleng USB Modem
Gambar 2. Model instalasi standar USB Modem dan hasil yang didapat 
Gambar 3. Model instalasi Antena Kaleng  untuk USB Modem dan hasil yang didapat 
  1. Dengan menggunakan sebuah kaleng susu bekas kita buat seperti pada gambar 1. Keterangan gambar : 1. USB modem ; 2. Kaleng susu bekas posisi terbalik, yang diberi lubang pada bagian alas dan kulit kaleng ; 3. USB extention cable.     
  2. Instalasi standart sebuah modem USB tanpa menggunakan antena kaleng. dapat diperhatikan hasilnya pada gambar 2 beberapa parameter. Yang pertama, keterangan gambar : 1. kaleng tidak digunakan ; 2. USB modem dengan instalasi normal ; 3. Indikator kuat signal yang didapat, berupa signal 3G/HSPA sebanyak satu bar signal ; 4. Kecepatan download yang didapat menggunakan IDM sebesar 12,253 KB/Sec. Perhatikan hasil awal ini dan bandingkan setelah menggunakan antena kaleng.
  3. Instalasi dengan menggunakan antena kaleng untuk USB modem. Dapat diperhatikan hasil yang didapat pada keterangan gambar berikut : 1. USB modem dipasang pada kaleng ; 2. Indikator kuat signal yang didapat, berupa signal 3G/HSPA sebanyak tiga bar signal ; 3.  Kecepatan download yang didapat menggunakan IDM sebesar 57,488 KB/Sec.  Perhatikan hasil setelah menggunakan antena kaleng ini dan bandingkan sebelum menggunakan antena kaleng.
Demikian hasil uji coba yang penulis lakukan, kalau ada saran dan kritikannya ataupun pertanyaan. silahkan anda tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar: