Sabtu, 28 April 2012


CARA MENDAPATKAN DOKUMEN PDF KETIKA INTERNET LAMBAT DAN SERVER YANG DITUJU SIBUK DAN SULIT DIAKSES.

Seperti judulnya, permasalahan yang sesuai dengan judulnya akan saya paparkan sedikit. Saat kita melakukan koneksi internet yang hanya menggunakan modem dan mempunyai jenis jaringan 3G tetapi signalnya tidak stabil atau bahkan hanya mendapatkan jaringa EDGE terkadang koneksi yang terjadi sangat mengecewakan. Sementara kita sangat membutuhkan sebuah dokumen karena keperluan mendesak, mungkin itu keperluan format proposal (sepeti masalah yang saya hadapi sebelum saya menulis ini).
­­­Masalah yang saya hadapi adalah seperti pada gambar berikut :

Situsnya sengaja saya tutupi, karena alasan yang tidak perlu dijelaskan. Masalah diatas dapat terjadi karena masalah jaringan yang lambat dan juga karena terlalu banyak orang yang mengakses dokumen atau situs tersebut. (biasanya pengumuman sebuah even penting selalu kelebihan akses pada situs tertentu yang menyebabkan sulit untuk diakses).
Tindakan normal kita coba muat ulang, atau reload. Jika yang terjadi masih sama terulang seperti diatas. Berikut adalah cara yang telah saya lakukan ternya berhasil.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.       Anda buka search engine, disarankan www.google.com kemudian ketikan nama file yang ingin anda download pada kata kunci mesin pencari. Format penulisan yang di tulis di pada kata kunci mesin pencari sebagai berikut agar lebih akurat.  “Nama alamat situs, sebagian atau seluruhnya, dan nama dokumen/file yang ingin anda cari dan diakhiri dengan .pdf”  seperti pada (point 1 di gambar 2.)

2.       Perhatikan file yang anda ingin dowload, berupa ekstensi file pastikan .pdf (point 2.gambar 2), perhatikan pula nama file (point 2.gambar 2). Jika sudah benar  maka silahkan anda klik Tampilan Cepat,  maka file akan dibuka dengan tampilan cepat. Filenya akan terbuka langsung pada mesin pencari. Seperti gambar berikut . sabar ini sedang memuat…. Selamat menunggu..

3.       Selanjutnya dokumennya akan terbuka seperti gambar berikut , anda klik pada drop down menu jenis printer (pada kasus kali ini tertulis CanoniP2700 Series).

4.       Silahkan anda klik pada drop down printer tersebut maka akan tampil menu drop down seperti gambar berikut, kemudian anda klik Simpan Sebagai PDF.

5.       Selanjutnya nda klik akan muncul seperti gambar berikut dan selahkan anda klik tombol  Simpan, pastikan lamannya terpilih Semua atau hanya beberapa halaman yang ingin anda simpan. Disarankan untuk menyimpan semuanya saja..

6.       Selanjutnya akan muncul dialog penyimpanan, pastikan anda mengganti nama filenya jangan menggunakan nama file otomatis yang berikan oleh computer anda. Gantilah dengan nama file yang mudah dingat dan perhatikan folder dimana anda menyimpannya.

7.       Silanjutnya  tinggal klik Save.
8.       Selesai
9.       Silahkan anda periksan di folder tempat anda menyimpannya dan buka dengan Adobe Reader atau Foxit Reader.
Semoga membantu…kalau anda berminat silahkan follow saya di twitter @fretslabesani atau http://pinterest.com/fretslabesani/

Tidak ada komentar: